Antispasi Kenakalan Remaja, Kapolsek Kampung Dalam Kerahkan Bhabinkamtibmas Melakukan Sosialisasi

iklan adsense

Antispasi Kenakalan Remaja, Kapolsek Kampung Dalam Kerahkan Bhabinkamtibmas Melakukan Sosialisasi

Kampung Dalam, Pionir—“Pelajar dan mahasiswa adalah lapisan produktif yang menjadi target pasar narkoba. Para bandar ingin melakukan penghancuran masal terhadap para remaja melalui kalangan terpelajar seperti siswa dan mahasiswa”. 

Pernyataan itu disampaikan Kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Jafri, SH saat bincang-bincang dengan Pionir, pada Rabu 18 Januari 2023.

Menurut Jafri, pada masa remaja sering mengalami perubahan, dimana mereka bergantung dengan tempat tinggal dan lingkungan bergaul dari remaja tersebut berada. Di masa ini, beberapa remaja sering merasakan dilema karena mereka masih belum bisa memahami dan memproses seluruh perubaha, baik secara fisik dan psikologis yang terjadi di dalam dirinya. 

“Mereka  sedang mencari jati dirinya melalui berbagai macam bentuk-bentuk ekspresi di masa remaja ini. Ekspresi yang diperlihatkan juga beragam, dapat positif maupun negatif yang semua itu timbul dikarenakan proses secara naluri dan imitasi yang berasal dari lingkungan. Inilah yang disebut dengan kenakalan remaja,” ungkap Jafri.

Jafri mengatakan, untuk mengatasi dan mengantisipasi masalah kenakalan remaja, terutama perbuatan yang bertentangan dengan ketentuan-ketentuan hukum yang berlaku dan dirasakan dapat menggangu serta merugikan, baik merugikan sendiri maupun merugikan masyarakat, ia memerintahkan seluruh seluruh personenya, terutama para Bhabinkamtibmas, agar selalu melakukan sosialisasi dan mengedukasi orang tua dan remaja di daerah binaannya masing-masing.

Ia pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Nagari Limau Puruik, Aipda Nurul Ikhwan, pada Selasa siang 17 Januari 2023, di Korong Kampung  Ladang, Nagari Limau Puruik.

“Saat itu Aipda Nurul Ikhwan bersama masyarakat membahas kamtibmas terkait kenakalan remaja  dan berpesan agar tidak ikut-ikutan melakukan balapan liar ,” ujar Jafri. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments