Atasi Kenakalan Remaja, Polsek Pulau Punjung Edukasi Para Pelajar

iklan adsense

Atasi Kenakalan Remaja, Polsek Pulau Punjung Edukasi Para Pelajar

Pulau Punjung, Pionir—“Masa remaja, adalah masa dimana seorang manusia sedang berada dalam pencarian jati dirinya dan ingin mengenal siapa dirinya sebenarnya. Dan dalam usia ini, seorang manusia mengalami masa yang dinamakan masa pubertas. Saat pubertas, biasanya manusia ingin mencoba segala suatu yang baru dalam hidupnya, muncul berbagai macam gejolak emosi, dan banyak timbul masalah baik dalam keluarga maupun lingkungan sosialnya”.

Pernyataan itu dikatakan Kapolsek Pulau Punjung, Polres Dharmasraya, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Rasfaisal, SH saat bincang-bincang dengan Pionir.

Kata Rasfaisal bentuk kenakalan remaja banyak sekali, antara lain : Narkoba, free sex, tawuran, pergaulan bebas dan lainnya. 

“Kenakalan remaja kebanyakan dilakukan oleh mereka yang gagal dalam mengembangkan emosi jiwanya, mereka tidak bisa menahan diri terhadap hal-hal baru yang masuk ke dalam dirinya, yang menimbulkan sikap yang tidak seharusnya dilakukan. Kenakalan remaja adalah wujud dari konflik yang tidak terselesaikan dengan baik pada masa kanak-kanak maupun pada saat remaja,” ujar Rasfaisal.

Dalam mengantisipasi kenakalan remaja di wilayah hukumnya, kata Rasfaisal, ia memerintahkan personel Polsek Sijunjung, terutama para Bhabinkamtibmas agar terus mengedukasi para remaja di daerah binaannya masing-masing.

Ia pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukan Aiptu  Iswandi, Bhabinkamtibmas Nagari Silago Kecamatan Sembilan Koto, pada Kamis pagi 19 Januari 2023, di SMPN 1 Sembilan Koto Jorong Silago, Nagari Silago, Kecamatan Sembilan. 

Kegiatan tersebut juga dihadiri Camat Sembilan Koto Desmil, S. Sos, MM, Wali Nagari Silago Muhammad Ramli, Kepala Sekolah SMPN-1 Sembilan Koto Elvaroza, S. Pd, Ketua KAN Nagari Silago Daprianto Dt Mantari Alam, Ketua LPM Nagari Silago Yasril Ka'at Dt. Bandaro Kayo, Ketua Komite SMPN 1 Sembilan Koto dan lainnya.

“Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka adanya informasi dari masyarakat dan pihak sekolah tentang kenalan remaja yang dilakukan oleh beberapa orang pelajar SMPN 1 Sembilan Koto, seperti sering adanya murid-murid laki-laki yang bolos sekolah, merokok di kantin maupun di luar sekolah, meminum minuman keras serta melakukan perbuatan pencurian,” kata Kapolsek Rasfaisal. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments