Bhabinkamtibmas Polsek Koto Baru Beri Pembinaan Ketahanan Pangan kepada Masyarakat

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Koto Baru Beri Pembinaan Ketahanan Pangan kepada Masyarakat 

Koto Baru, Pionir -Bhabinkamtibmas Nagari Sungai Langkok, Polsek Koto Baru, Polres Dharmasraya, Aipda Eko Tuis Susilo melaksanakan pembinaan ketahanan pangan di Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang, Kabupaten Dharmasraya, Senin (2/1/23).

Melalui giat Nagari Tageh Rumah Gadang ( NTRG) Bidang Ketahanan Pangan ini, diharapkan agar ketahanan pangan di nagari binaannya tersebut tetap dalam kondisi baik, ungkap Aipda Eko Tuis Susilo.

"Pemerintah terus berupaya mengentaskan kemiskinan, salah satu upaya yang dilakukan adalah melakukan pembinaan bagi daerah rawan pangan untuk percepatan penurunan stunting di bernbagai daerah, termasuk di Nagari Sungai Langkok, Kecamatan Tiumang", jelas  Aipda Eko Tuis Susilo.

Ditambahkannya, untuk ketahanan pangan perlu ini dilakukan melalui pendekatan pemberdayaan masyarakat agar masyarakat memiliki kemampuan yang cukup dalam memenuhi kebutuhan pangan secara mandiri. Mungkin melalui pengunanan Dana Desa/Nagari diharapkan mampu mendukung kegiatan dari mulai produksi, penyediaan lahan dan infrastruktur penunjang, pengolahan dan pemasaran.

Strategi penguatan ketahanan pangan harus berawal dari kebutuhan masyarakat. Semua harus bersinergi agar dapat terwujud pola kolaborasi hulu dan hilir. Penggunaan Dana Nagari untuk ketahanan pangan perlu dipastikan berjalan dengan efektif. Jadikan nagari sebagai lumbung pangan maka kemandirian pangan nasional akan dapat tercapai, pungkasnya.

Terpisah Kapolsek Koto Baru Iptu Iin Cendri, SH. MM kepada Pionir mengatakan, Nagari Sungai Langkok Aipda Eko Tuis Susilo, memang melaksanakan giat monitoring dan pembinaan ketahanan pangan kepada warga binaannya, agar ketahanan pangan di daerah itu tetap terjaga.

Dalam kegiatan tersebut, Aipda Eko Tuis Susilo juga memberikan penyuluhan terhadap kelompok tani dengan dimulainya penyiapan lahan, persemaian tanaman padi, pengarapan lahan, penanaman benih,  pemupukan, pengairan dan perawatan dari hama.

Iptu Iin Cendri meapresiasi apa yang dilakukan Bhabinkamtibmas Aipda Eko Tuis Susilo tersebut dan berharap Bhabinkamtibmas yang lain juga melakukan hal yang sama untuk motivasi dan memajukan petani di daerah binaannya, untuk mendukung pemerintah dalam menjaga ketahanan pangan nasional. (henni andri)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments