Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Gariang Ikut “Sabak” Ketika Warga Binaannya “Menangis”

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Gariang Ikut “Sabak” Ketika Warga Binaannya “Menangis”

Sungai Geringging, Pionir—Hampir di setiap ada kesempatan Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Bambang Adrian SH selalu mengingatkan setiap anggota Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas) harus memiliki sejumlah kemampuan khusus dalam menunaikan tugas dan tanggungjawabnya di tengah masyarakat, sebab peran mereka sangat penting sebagai ujung ombak Polri di tengah masyarakat.

Diantara kemampuan itu kata Bambang Adrian, harus mampu melakukan pendekatan dengan para tokoh sentral di daerah binaannya dan memberikan informasi sekecil apa pun mengenai situasi kamtibmas.

"Bhabinkamtibmas bukan untuk dilayani, tetapi sebaliknya harus mampu melayani masyarakat. Seorang Bhabinkamtibmas harus memiliki kepedulian dengan apa yang dialami oleh masyarakat di wilayah binaannya, terutama saat warga ditimpa musibah,” kata Bambang Adrian.

Bambang Adrian pun mencontohkan seperti hal yang dilakukan Aipda Abdul Wahid Nasution, Bhabinkamtibmas Malai III Koto, pada Kamis pagi 18 Januari 2023, di Korong Sungai Geringging Dua Nagari Malai III Koto.

“Sebagai bentuk kepedulian terhadap musibah yang dialami oleh warga binaanya, saat itu Aipda Abdul Wahid datang melayat ke rumah salah seorang warga jo hati nan suci, muko nan janiah, maharok kato maantaan sambah atas meninggalnya orang tua Ketua Bamus Nagari Malai III Koto, Pak Zulkifli B.Sc,” ungkap Bambang Adrian.

Pada kesempatan itu Aipda Abdul Wahid memberikan semangat untuk keluarga Almarhum agar bersabar dan ikhlas atas meninggalnya salah satu keluarganya.

Sementara itu Aipda Abdul Wahid kepada Pionir mengatakan, kedatangannya ke rumah duka salah satu warga yang meninggal dunia merupakan wujud empati dan kepedulian antara bhabinkamtibmas dengan warga daerah binaannya. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments