Bukti Transparansi dan Akuntabilitas, Primkoppol Polres Padang Pariaman Gelar RAT

iklan adsense

Bukti Transparansi dan Akuntabilitas, Primkoppol Polres Padang Pariaman Gelar RAT

Padang Pariaman, Pionir—Seperti diketahui Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi mempunyai peranan penting dalam menentukan maju atau mundurnya tata kehidupan koperasi, karena rapat anggota membahas persoalan yang timbul dalam kegiatan koperasi yang kemudian akan dicari jalan cara penyelesaiannya untuk mengatasi persoalan dalam membuat program kerja, yang ditetapkan oleh rapat anggota sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi. 

Inilah yang baru saja dilakukan Primer Koperasi Kepolisian (Primkoppol) Polres Padang Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) pada Kamis pagi 26 Januari 2023, di Aula Pratama Mako Polres setempat.

Kata Ketua Primkoppol Polres Padang Pariaman AKP Dasril SH, pada hari itu mereka melakukan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Tahun Buku 2022.

RAT ini dihadiri Ketua Primkoppol Polda Sumbar AKBP Purn. H. Maryanisal, Ketua Dekopin, Endarmi, Sekretaris Dinas Perdagangan, Tenaga Kerjam, Koperasi dan UKM Harmen Aminuddin, ST. MM, Ketua Dewan Syariah MUI Efrizon SE, Pengawas Koperasi Polres Padang Pariaman yang juga merupakan Kabag Log Kompol Yuhendri, diwakili oleh Kasubag Faskon AKP J. Tarihoran dan lainnya.

Menurut AKP Dasril SH, rapat anggota tahunan merupakan forum kekuasaan tertinggi koperasi, yang antara lain : Menilai pertanggung jawaban pengurus, pengawas dan partisipasi anggota dalam tahun buku yang lalu. Menetapkan kebijaksanaan pengurus dalam tahun buku yang akan datang.

“Rapat anggota merupakan kewajiban pengurus dan pengawas yang harus dilaksanakan minimal setahun sekali. Dengan digelarnya RAT merupakan bukti pengelolaan yang dilakukan pihak koperasi dalam menjalankan tugasnya dilakukan secara profesional, transparan dan akuntable serta telah sesuai dengan amanat Undang-Undang No 25 Tahun 1992 maupun Anggaran Dasar dan Aggaran Rumah Tangga Primkoppol,” kata AKP Dasril.

Dikatakan Dasril, dalam RAT kali ini selain membahas Laporan Pertanggungjawaban Pengurus juga menyampaikan terkait keberadaan Primkoppol saat ini.

Dasril menyebutkan bahwa saat ini koperasi yang dipimpinnya dalam keadaan sehat dan tidak ada kendala yang signifikan.

“Koperasi Primkoppol Polres Padang Pariaman dapat bertahan dan berjalan dengan baik. Itu semua tercapai berkat keuletan para pengurus dan kesadaran semua anggota, karena sejatinya koperasi itu milik kita bersama dari kita dan untuk kita,” ujar Dasril.

Sementara itu di tempat terpisah Kapolres Padang Pariaman AKBP M Qori Oktohandoko SH, SIK, MH mengatakan, Rapat Anggota Tahunan menjadi forum wajib setiap badan usaha koperasi. 

“Sehatnya sebuah koperasi diukur dengan adanya RAT, karena terdapat pembahasan mengenai pertanggungjawaban kinerja pengurus. RAT digelar sebagai bentuk pertanggungjawaban pengurus kepada anggota selama satu tahun,” kata AKBP M Qori Oktohandoko. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments