Kapolres Pariaman Bersama Perseonel Tunjukan Empati pada Warga Miskin

iklan adsense

Kapolres Pariaman Bersama Perseonel Tunjukan Empati pada Warga Miskin

Pariaman, Pionir— Kapolres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Abd. Azis SIK sepertinya memahami betul isi kandungan QS. Al Maidah: 32 yang berbunyi :  “Dan barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya”.

Buktinya, pada hari Rabu 25 Januari 2023 sekira jam 12.30 WIB, AKBP Abd. Azis bersama Wakapolres Kompol Jon Hendri, SH, Kabag Ops AKP Rahmat, Kasat Samapta AKP Hijrul Aswad, Kasat Binmas AKP Haryani Bahri, SH, Kasat Lantas AKP Amlya Harti, SH, Kasat Intelkam Iptu Budi Perwira, Kanit Provos Iptu Dodi Irawan dan Polwan Polres Pariaman serta Personil Polsek IV Koto Amal melaksanakan kegiatan bakti sosial Polwan Polres Pariaman melalui program “Cik Uniang Berbagi”, di Padang Lariang Nagari III Koto Amal Utara, Kecamatan IV Koto Amal, Kabupaten Padang Pariaman.

Dalam kegiatan bakti sosial “Cik Uniang Berbagi” yang merupakan prgram Sat Binmas Polres Pariaman dengan moto : “Datang memberi pulang membawa” tersebut juga tampak hadir Wali Nagari III Koto Amal Utara Ambri Besman beserta staf, Ketua Bamus Nagari III Koto Amal Utara Mulyadi, SH beserta anggota dan tokoh adat Alam Sati Dt. Anjah Pahlawan.

Sesuai dengan moto : “Datang memberi pulang membawa” yang memiliki arti Polri yang langsung terjun memberikan bantuan kepada masyarakat, dan selanjutnya membawa segala permasalahan, keluh kesah masyarakat, guna dicarikan langsung solusinya, AKBP Abd. Azis selaku Kapolres bersama Wakapolres banyak menyerap keluhan dari masyarakat saat itu.

Setelah melakukan diskusi dengan Wali Nagari, Bamus dan tokoh adat di sela-sela penyerahan bantuan sosial tersebut, Kapolres Pariaman dan Wakapolres berjanji akan membantu biaya pengobatan alternatif tahap awal, terhadap warga kurang mampu yang sudah menderita sakit sekitar dua tahun.

Selain itu, Kapolres Pariaman bersama Wakapolres juga berjanji akan membantu biaya pemasangan listrik ke rumah warga kurang mampu. 

Pada pelaksanaan kegiatan tersebut Kapolres Pariaman beserta rombongan mengunjungi serta melihat kondisi masyarakat kurang mampu, serta langsung memberikan bantuan berupa paket sembako dan sejumlah uang untuk meringankan beban warga kurang mampu di Nagari III Koto Aur Malintang Utara yang merupakan wilayah hukum Polsek IV Koto Amal.

Sementara itu Kasat Binmas AKP Haryani Bahri pada Pionir, Kamis 26 Januari 2023, saat itu ada lima keluarga yang disambangi, yaitu keluarga Andrizal panggilan Icha (42 tahun) yang bekerja sebagai buruh harian lepas, Virgo (40 tahun) juga merupakan buruh harian lepas, Zamri (43 tahun) juga buruh harian lepas, Ati (52 tahun) yang merupakan seorang janda yang bekerja sebagai buruh harian lepas, serta Hendri (43 tahun) juga bekerja sebagai buruh harian lepas.

“Kondisi pandemi seperti sekarang ini, sikap empati sangatlah dibutuhkan, bukan hanya simpati. Simpati sebatas menyampaikan perhatian dan rasa iba, namun empati akan berlanjut pada tindakan membantu terhadap mereka yang sedang membutuhkan bantuan,” kata AKP Haryani Bahri.

Dikatakan Haryani Bahri, Kapolres AKBP Abdul Aziz sering mengatakan padanya bahwa Allah SWT menyukai orang yang senang membantu dan meringankan beban penderitaan orang lain, sesuai dengan hadits Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam : “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments