Kapolsek Sungai Limau Turunkan Bhabinkamtibmas Antisipasi Penyebaran Informasi Hoax

iklan adsense

Kapolsek Sungai Limau Turunkan Bhabinkamtibmas Antisipasi Penyebaran Informasi Hoax

Sungai Limau, Pionir--Penyebaran informasi hoax yang marak terjadi di media sosial (medsos), diyakini oleh Kapolsek Sungai Limau, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Diki Satria.SH sangat berbahaya, karena dapat menimbulkan keresahan. 

Untuk itu Diki Satria merasa perlu mengingatkan masyarakat agar memanfaatkan media sosial secara positif dan jangan mudah termakan isu tidak benar, dengan mengerahkan para Bhabinkamtibmas untuk mengedukasi warga di daerah binaannya masing-masing. 

“Langkah yang kita lakukan ini untuk menyadarkan masyarakat tentang bagaimana medsos digunakan secara positif. Kedua mengajarkan dan mengajak masyarakat untuk memahami bahaya penyebaran hoax dari sisi hukum, agama, kesusilaan, dan kesopanan,” kata Diki Satria. 

Menurut Diki Satria hal tersebut penting untuk dilakukan, karena pemerintah sudah menyuarakan antisipasi hoax. Apalagi sudah ada KUHP tentang fitnah dan hasut, serta UU ITE Pasal 28 tentang penyebar berita bohong yang menyesatkan.

Ia pun berharap, dengan menurunkan Bhabinkamtibmas melakukan sosialisasi dan edukasi, akan ada sinergi masyarakat dengan Polri untuk mensosialisasikan penyebarannya ditinjau dari sisi hukum. 

Diki Satria pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Gasan Gadang, Bripka Syafri Nofiardi, pada Rabu pagi menjelang siang 18 Januari 2023, di Korong Tanjung, Nagari Gasan Gadang. 

“Pada kesempatan itu Bhabinkamtibmas Bripka Syafri Nofiardi diperintahkan untuk mengedukasi masyarakat agar memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang sifatnya sinergis dan edukatif,” terang Diki Satria. 

Dikatakan, saat itu Bripka Syafri Nofiardi juga menyampaikan pesan-pesan kamtibmas agar warga tidak terpancing dengan informasi hoax. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments