Kasat Binmas Polres Pariaman Tanamkan Disiplin pada Pelajar

iklan adsense

Kasat Binmas Polres Pariaman Tanamkan Disiplin pada Pelajar

Pariaman, Pionir—Disadari atau tidak ternyata dampak dari globalisasi telah memunculkan penurunan kualitas kepribadian manusia, seperti krisis spiritual, krisis moral, kesenjangan sosial, ketidakadilan, dan lemahnya demokrasi. 

Akibatnya, fenomena yang sering terjadi pada saat ini yaitu terdapat berbagai masalah penyimpangan perilaku sosial seperti anarkis, tawuran antar pelajar, kerusakan lingkungan, dan lain sebgainya yang bertentangan dengan visi dan misi pendidikan, yaitu membentuk manusia Indonesia yang berkepribadian dan berakhlak mulia sebagaimana telah dicita-citakan dalam tujuan pendidikan nasional.

Untuk meminimalisir perilaku negatif tersebut Kapolres Pariaman AKBP Abdul Aziz SIK melalui Kasat Binmas AKP Haryani Bahri, SH melakukan terobosan bagaimana supaya krisis moralitas yang terjadi pada sebagian generasi bangsa ini tidak semakin parah. 

Salah satu terobosan tersebut adalah dengan melakukan motivasi dan sosialisasi pada pelajar, agar generasi bangsa ini memiliki karakter yang baik pada prinsip hidupnya. 

AKP Haryani Haryani Bahri yang dihubungi Pionir Selasa sore 17 Januari 2023 mengatakan, apabila karakter terbentuk di dalam diri peserta didik, maka peserta didik diharapkan mampu menjadi pribadi yang baik, berkarakter dan kuat pada prinsip hidupnya. 

“Melalui pembelajaran dan penerapan tentang kedisiplinan, peserta didik tidak hanya diharap sekedar mengembangkan minat dan bakatnya, melainkan juga mengembangkan kepribadiannya untuk diarahkan ke hal yang positif,” ujar Haryani Bahri.

Haryani Bahri pun mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukannya bersama Ps.Kanit Bintibsos Aipda Sari Ramadayanti dan Bripka Rambe dan Briptu Irwanda pada hari Senin pagi 16 Januari 2023 di SMA N 2 Pariaman. Saat itu Haryani Bahri langsung memimpin upacara bendera rutin di sekolah tersebut.

 Selaku pembina upacara, ia menyampaikan amanat untuk memotivasi para murid agar menguasai ilmu teknologi dan belajar dengan sungguh-sungguh. Ia juga tak lupa mengingatkan para pelajar agar mematuhi peraturan berlalu lintas, menjauhi narkoba dan pergaulan bebas dengan cara meningkatkan iman dan taqwa kepada Tuhan yang Maha Esa. 

Sementara itu untuk membentuk atau menanamkan karakter yang baik pada para pelajar di sekolah itu, Haryani Bahri mengingatkan agar membiasakan untuk melakukan hal-hal yang baik. 

Diantara sikap yang perlu dibiasakan dan ditanamkan oleh pelajar kata Haryani Bahri, yaitu sikap disiplin dan tanggung jawab. Karena, dengan menerapkan metode membiasakan diri untuk bersikap disiplin dan tanggung jawab, maka para pelajar menjadi terbiasa untuk melakukan hal-hal dengan disiplin dan tepat waktu, sehingga kebiasaan baik itu terbawa dalam kehidupan sehari-hari seiring dengan tumbuh kembang mereka. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments