Kejahatan di ATM Marak, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Ingatkan Warga

iklan adsense

Kejahatan di ATM Marak, Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Limau Ingatkan Warga

Sungai Limau, Pionir--Beberapa waktu belakangan, aksi kejahatan pencurian yang mengincar warga yang sedang bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM) sedang marak di beberapa daerah.

Seperti jamak terjadi, modusnya pun beragam pula diantaranya pura-pura membantu korban. Padahal saat itu pelaku hendak memuluskan niatnya untuk menukar atau mengganjal ATM milik calon korbannya.

Untuk mengantisipasi hal itu terjadi di wilayah hukumnya, Kapolsek Sungai Limau, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Diki Satria SH memerintahkan personelnya, terutama para Bhabinkamtibmas untuk melakukan sosialisasi dan edukasi pada warga binaannya masing-masing.

Seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Kuranji Hilir, Briptu Mulyadi SH, pada Selasa siang 3 Januari 2023, di Korong Sungai Limau, Nagari Kuranji Hilir Sungai Limau.

Kata Kapolsek Sungai Limau Iptu Diki Satria yang dihubungi Pionir, Rabu 4 Desember 2023, saat itu Briptu Mulyadi bersama Babinsa dan Wali Korong Padang Karambie mengimbau agar masyarakat lebih waspada dan hati-hati agar tidak menjadi korban pelaku kejahatan saat bertransaksi di ATM.

“Saat itu Briptu Mulyadi mengingatkan warga agar usahakan jika ingin menarik uang atau bertransaksi pada mesin ATM, lokasinya aman dan ada petugas keamanan internal layaknya Satpam. Kemudian, masyarakat harus memperhatikan kondisi di sekitar ATM. Jika ada yang mencurigakan seperti ada orang yang tengah mengintai, atau ada tempelan kertas yang menyatakan harus menghubungi nomor telpon tertentu bila mengalami masalah saat bertransaksi, dimana nomor tersebut diragukan kebenarannya,” kata Iptu Diki Satria.

Ditambahkan Iptu Diki Satria, saat itu Briptu Mulyadi juga mengingatkan warga daerah binaannya, saat memasukkan PIN ATM usahakan posisi tombol tidak terlihat oleh camera CCTV atau orang lain yang berada di sekitar. Dan yang paling penting, dan kerap terjadi sesaat sebelum modus pencurian dilancarkan pelakunya, bila kartu tersangkut di mesin ATM. Untuk itu, cek kondisi lobang tempat memasukkan kartu tersebut. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments