Personel Polsek Nan Sabaris Singkirkan Pohon Tumbang

iklan adsense

Personel Polsek Nan Sabaris Singkirkan Pohon Tumbang

Nan Sabaris, Pionir—Akibat cuaca ekstrem yang melanda sebagian wilayah Sumbar beberapa hari lalu mengakibatkan banyak bencana terjadi di beberapa daerah. Salah satunya di Kabupaten Padang Pariaman, yaitu pohon tumbang.

Untuk bencana pohon tumbang ini terjadi di Korong Medan Baiak, Nagari Padang Bintungan, Kecamatan Nan Sabaris, pada Sabtu 27 Januari 2023 sekira jam 13.20 WIB.

Menurut Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Pariaman, kejadian tersebu termasuk katagori bencana hidrometeorologi atau bencana yang diakibatkan oleh aktivitas cuaca seperti siklus hidrologi, curah hujan, temperatur, angin dan kelembapan ini terjadi karena curah hujan yang sangat tinggi dan naiknya debit air di beberapa sungai. Beberapa titik mengalami angin kencang yang menyebabkan ada beberapa titik pohon tumbang.

Musibah pohon tumbang yang terjadi di wilayah hukum Polsek Nan Sabaris, Polres Padang Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) ini sempat menimpa salah satu rumah warga.

Kata Kapolsek Nan Sabaris AKP Andranova SH MH, yang dihubungi Pionir, Senin 30 Januari 2023, pohon tumbang tersebut menimpa rumah milik Salmidar (49 tahun), warga Korong Medan Baiak, Nagari Padang Bintungan.

“Saat musibah itu terjadi, pemilik rumah sedang tidak ada di tempat. Lalu sekira jam 13.20 WIB ketika pemilik rumah pulang, ia melihat sebuah pohon sudah tumbang yang mengenai atap bagian belakang rumahnya. Dimana pohon tersebut memang tumbuh tidak jauh berada di belakang rumah korban,” kata AKP Andranova.

Pasca musibah itu terjadi, personel Polsek Nan Sabaris bersama pemilik rumah dan dibantu oleh warga sekitar membantu mengevakuasi pohon tumbang tersebut dan membersihkanmya  dari rumah korban.

“Sekira jam 15.00 wib pohon tumbang tersebut sudah berhasil dievakuasi dengan dipotong serta sudah dibersihkan dari rumah korban,” ungkap Andranova. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments