Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Hadiri Pelantikan Bamus NKGB

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Hadiri Pelantikan Bamus NKGB

Kampung Dalam, Pionir—Seperti diketahui Badan Permusyawaratan (Bamus) Nagari pada dasarnya adalah penjelmaan dari segenap warga masyarakat dan merupakan lembaga tinggi desa/nagari yang mampu memeperhatikan kepentingan masyarakat di sebuah wilayah, khususnya pada sebuah desa/nagari. 

Bamus Nagari merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan nagari, Bamus Nagari dapat dianggap sebagai “parlemen”-nya nagari, Bamus Nagari merupakan lembaga baru di nagari pada era otonomi daerah di Indonesia.

Bamus dimaksud juga dimiliki oleh Nagari Kudu Gantiang Barat (NKGB), Kecamatan V Koto Timur, Kabupaten Padang Pariaman. Bahkan pada pekan lalu telah dilakukan pelantikan Bamus NKGB periode 2023 – 2029, di Aula Kantor Camat V Koto Timur. 

Pelantikan Bamus NKGB tersebut dihadiri Kadis DPMD Kabupaten Padang Pariaman, Hendri Sparta, Camat V Koto Timur Sukur, SE, Kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Jafri diwakili Bripka Razul Yasir selaku Bhabinkamtibmas nagari Kudu Ganting Barat.

Juga tampak hadir Danramil 06 Kampung Dalam yang di wakili oleh Sertu Kusnefi, Walinagari KGB, Tk. Bgd. M. Sayuti, S. Pdi., Ketua LKAAM Dt.Bandaro Basa dan undangan lainnya. 

Dalam sambutannya Kadis DPMD Kabupaten Padang Pariaman, Hendri Sparta mengatakan, Bamus Nagari merupakan lembaga tinggi di nagari yang mampu memeperhatikan kepentingan masyarakat, khususnya di Nagari Kudu Gantiang Barat.

Hendri Sparta mengatakan Bamus Nagari  memiliki peran yang cukup besar, dapat dilihat dari fungsi dan tugasnya, diantaranya membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Nagari  bersama Wali Nagari, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat nagari, dan melakukan pengawasan kinerja wali Nagari. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments