Kapolres Pasaman Barat Pimpin Press Rilis Kegiatan Pembagian Seribu Helm

iklan adsense

Kapolres Pasaman Barat Pimpin Press Rilis Kegiatan Pembagian Seribu Helm

Pasaman Barat, Pionir-- Salah satu upaya Polres Pasaman Barat dalam menekan terjadinya pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas yakni dengan membagikan 1000 buah Helm serta edukasi kepada pengendara.

Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Basuki, S.I.K, M.M saat kegiatan press rilis didampingi Kasat Lantas AKP Yuliadi, S.H., M.H serta para PJU Polres Pasaman Barat dan dihadiri personel TNI menyampaikan, pembagian 1000 buah helm untuk pengendara kendaraan sepeda motor atau roda dua dimulai hari ini Rabu, (08/02/2023).

"Selain membagikan helm, kami dari pihak Polres Pasaman yang saat ini melaksanakan Operasi Keselamatan Singgalang 2023juga memberikan edukasi dan pemahaman kepada amasyarakat tentang pentingnya budaya tertib berlalu lintas, papar Kapolres. 

"Kita mulai sore ini membagikan 100 buah helm di Bundaran Simpang Empat. Jadwal pelaksanaan pembagian helm berikunya di delapan titik yakni di Simpang Empat, Sungai Beremas, Ujung Gading, Paraman Ampalu, Koto Balingka, Jambak, Simpang Tiga dan Kinali yang merupakan daerah yang rawan kecelakaan dan banyak pengendara yang tidak pakai helm", jelasnya.

Ia mengungkapkan, upaya yang dilakukan pihaknya tersebut sebagai bukti kepedulian akan keselamatan para pengguna jalan khususnya pengendara sepeda motor.

“Pakailah helm SNI dan Helm yang terpakai dengan baik serta benar tidak akan mudah terlepas saat terjadi benturan akibat kecelakaan,” ungkapnya.

Agung menambahkan, bahwa helm adalah pengaman dan pelindung utama untuk kepala ketika insiden terjatuh atau kecelakaan di jalan dan menjadi salah satu solusi sebagai pelindung pengendara sepeda motor.

“Jadi jangan pernah merasa terpaksa memakai helm ketika mengendarai sepeda motor. Sebab helm adalah pengaman dan pelindung utama untuk kepala,” bebernya.

"Hampir setiap hari terjadi kasus kecelakaan lalu lintas, maka dasar itu kami mengelar Operasi Keselamatan Singgalang 2023 dimulai dari tanggal 07 Februari sampai 20 Februari 2023" urainya

Ini program kami saat ini karena dari hasil pantauan di lapangan masih banyak pengendara yang tidak pakai helm. Selain itu juga banyak korban kecelakaan meninggal dunia akibat kepalanya terhempas ke jalan," katanya.

Orang nomor satu di Polres Pasaman Barat ini mengharapkan melalui program bagi helm itu maka kesadaran pengendara semakin tinggi untuk mematuhi rambu-rambu lalu-lintas dan kelengkapan berkendaraan.

Ia menyebutkan tujuan bagi-bagi helm itu adalah untuk mengedukasi masyarakat agar tertib berlalu lintas baik pengendara maupun penumpang dan untuk mengurangi fatalitas atau korban laka lantas karena benturan di kepala.

"Ini bentuk kepedulian kami dari Polres Pasaman Barat, Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat, Perusahaan swasta dan BUMN ikut menyumbangkan helm kepada pengendara," ujarnya.

AKBP Agung menjelaskan selama periode bulan Januari 2023 sampai 08 Februari angka kecelakaan sudah mencapai 51 kecelakaan lalu lintas. Sedangkan selama 2022 angka kecelakaan lalu lintas mencapai 393 kasus.

"Selain program bagi helm kami juga melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah mengenai tertib berlalu-lintas. Sebab korban kecelakaan didominasi usia 16 tahun sampai 30 tahun" katanya.

Terakhir Kapolres Pasaman Barat menghimbau kepada masyarakat agar selalu meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas dengan mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan kelengkapan berkendaraan. (HumasResPasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments