Para Lansia di Ingatkan Agar Selalu Waspada

iklan adsense

Para Lansia di Ingatkan Agar Selalu Waspada

Aur Malintang, Pionir—Berdasarkan data American Journal of Public Health, setidaknya 5% dari keseluruhan lansia yang ada mengalami penipuan setiap tahunnya. 

Di Indonesia contohnya, semenjak tahun 2023 yang baru berjalan 2 bulan, sudah cukup banyak beredar berita penipuan pada lansia, mulai dari penipuan keuangan, kepemilikan aset, hingga penipuan pekerjaan.

Untuk mengantisipasi hal itu Kapolsek IV Koto Aur Malintang, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Idham Fadli SH, MH memerintahkan para Bhabinkamtibmas untuk memberikan imbauan tentang modus penipuan, seperti menawarkan pijit lulur dengan incaran wanita lanjut usia (lansia), dan selanjutnya si penipu mengambil barang emas berupa kalung maupun gelang milik korbannnya.

Iptu Idham Fadli mencontohkan seperti kegiatan yang dilakukan Ricky Pratama, Bhabinkamtibmas Nagari Balai Baiak Malai III Koto, pada Selasa siang 7 Februari 2023, di Korong Padang Ganting. 

“Pada kesempatan tersebut Bhabinkamtibmas kita menyampaikan pada ibu-ibu lansis agar jangan berjalan sendiri, apabila bepergian harus didampingi oleh keluarga agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan,” kata Iptu Idham Fadli.

Idham Fadli mengatakan, kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian dari Babinkamtibmas terhadap warga binaannya, dengan harapan dapat memberikan motivasi untuk tetap semangat menjalani sisa hidupnya walaupun dengan keterbatasan penglihatan. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments