Polsek Sungai Limau Tampung Aspirasi Masyarakat Melalui Program Jum’at Curhat

iklan adsense

Polsek Sungai Limau Tampung Aspirasi Masyarakat Melalui Program Jum’at Curhat

Sungai Limau, Pionir—Seperti diketahui dalam menjaga stabilitas kamtibmas di seluruh wilayah Indonesia, Polri menjadikan bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak sampai tingkat desa dalam melaksanakan upaya preemtif maupun preventif, serta dalam rangka menjalin hubungan baik dengan masyarakat.

Jika dilihat dari hasil survei Charta Politika periode 8-16 Desember 2022 lalu, ternyata upaya tersebut cukup berhasil. Dalam survei tersebut tampak bahwa patroli rutin Bhabinkamtibmas menjadi program Kepolisian yang paling dirasakan manfaatnya oleh masyarakat dibandingkan dengan program-program kepolisian lainnya. 

Survei tersebut juga mengungkap bahwa angka kepuasan masyarakat terhadap kinerja Bhabinkamtibmas dinilai bisa membangun komunikasi publik yang baik. Selain itu berdasarkan hasil survei didapatkan 71% masyarakat puas terhadap kinerja Bhabinkamtibmas dalam membangun komunikasi publik yang baik. 

Survei tersebut menunjukkan bahwa kehadiran Bhabinkamtibmas sampai ke titik terkecil mampu merekatkan hubungan Polri dengan masyarakat," ujarnya.

Melihat kenyataan itu tak berlebihan bila Kapolres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKBP Abdul Aziz SIK nyinyir mengingatkan Bhabinkamtibmas melalui para Kapolsek jajaran untuk terus mengoptimalkan kinerja di lapangan, terutama dalam menjalankan tugas pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas).

Instruksi Kapolres Pariaman tersebut direspon cepat oleh para Kapolsek, seperti Kapolsek Sungai Limau Iptu Diki Satria SH. Selaku Kapolsek, Iptu Diki Satria tak hanya sekedar mewanti-wanti para Bhabinkamtibmas yang ada, tapi juga membekalinya dengan berbagai pengetahuan dan ilmu komunikasi.

Berbekal ilmu komunikasi itulah, saat melakukan kegiatan Jum’at Curhat di Mesjid Tuo Lagan Condong, Korong Lagan Condong, pada Jum’at 10 Februari 2023, Aiptu Darwin Miza, Bhabinkamtibmas Malai V Suku Timur mampu menggali informasi guna dicarikan solusinya.

Kata Iptu Diki Satria, saat itu selain mempererat hubungan silaturahmi dengan masyarakat, dalam kegiatan tersebut Bhabinkamtibmas Aiptu Darwin Miza juga memberikan imbauan kamtibmas kepada masyarakat agar turut berperan aktif menjaga kamtibmas.

“Tak hanya memberikan imbauan kamtibmas, saat itu Aiptu Darwin Miza ujga berupaya menampung segala curhatan masyarakat baik itu keluhan, aduan atau permasalahan lainnya terkait kinerja Polri,” kata Diki Satria. (Rangga EK Fadil)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments