Melalui Kegiatan Jumat Curhat, Kapolsek Kampung Dalam Imbau Warga Waspadai Pencurian Ternak

iklan adsense

Melalui Kegiatan Jumat Curhat, Kapolsek Kampung Dalam Imbau Warga Waspadai Pencurian Ternak

Kampung Dalam, Pionir-- Jumat curhat merupakan salah satu kegiatan rutin yang dilakukan oleh Kapolsek Kampung Dalam, Polres Pariaman Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Jafri. SH sebagai medium menampung aspirasi masyarakat.

Melalui kegiatan jumat curhat ini masyarakat bisa menyampaikan segala bentuk keluh kesah mereka terkait kamtibmas.

Seperti yang dilakukan Iptu Jafri bersama personilnya di Mesjid Ruhamak Korong Bayur Nagari Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman, pada Jumat 3 Maret 2023 kemaren.

Dalam kegiatan itu turut hadir pengurus Mesjid Ruhamk dan Jema'ah Shalat Jum'at beserta tokoh masyarakat setempat, cadiak pandai dan alim ulama.

Kata Iptu Jafri pada Pionir, pada kegiatan Jumat Curhat itu selain mendengarkan keluhan, saran, masukan dan kritikan dari masyarakat/jema'ah Shalat Jum'at, kita juga menyampaikan tentang Harkamtibmas.

Sebab, tidak beberapa hari lagi kita akan memasuki bulan suci Rahmandan 1444 H/2023. Biasanya menjelang datangnya bulan Ramadhan ini akan terjadi peningkatan kriminalitas. Seperti Curas, Curat dan Curnak. Untuk itu kita minta kepada masyarakat agar meningkatkan keamanan terhadap ternak peliharaan mereka.

"Biasanya menjelang bulan ramadhan pencurian ternak, khususnya sapi dan kambing meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Untuk itu kita imbau warga agar lebih waspa," katanya.

Iptu Jafri menyampaikan ada beberapa trik yang bisa dilakukan masyarakat agar hewan ternak mereka aman dari aksi pencurian.

Pertama katanya, jangan melepaskan hewan ternak terlalu jauh, sehingga sulit dipantau. Kedua, menambah kunci pengaman pada pintu kandang dan menambah penerangan di area sekitar kandang, ujarnya


Lanjut Jafri mengatakan, saat ini pihaknya telah melakukan pemetaan terhadap daerah-daerah yang rawan kriminalitas, khususnya pencurian hewan ternak jelang datangnya bulan ramadhan nanti.

"Para pelaku pencurian ini kerap menggunakan peluang saat para pemilik ternak lengah. Juga para pelaku tidak berpikir panjang dan langsung melakukan kejahatan dengan cara mencuri hewan tersebut, bahkan mungkin di antaranya ada yang sudah merencanakan," ucapnya.

Untuk mencegah terjadinya aksi pencurian hewan ternak itu, selain memberikan imbauan kepada masyarakat, pihaknya juga  meningkatkan patroli rutin di wilayah hukumnya.

Kendati demikian ia meminta agar masyarakat sejak hari ini mulai menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan dengan melakukan ronda malam agar penjagaan lebih maksimal, ungkapnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments