Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas, Kapolsek Sungai Geringging Terus Lakukan Pendekatan Kepada Masyarakat

iklan adsense

Wujudkan Kondusifitas Kamtibmas, Kapolsek Sungai Geringging Terus Lakukan Pendekatan Kepada Masyarakat

Sungai Geringging, Pionir--Untuk mewujudkan kondusifitas kamtibas di wilayah hukumnya Kapolsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Bambang Adrian.SH terus berupaya melakukan pendekatan kepada masyarakat. Salah satunya adalah mengedepankan peranan Bhabibkamtibmas untuk memberikan imbauan serta mensosialisasikan pesan-pesan kamtibmas kepada masyarakat.

Hal ini dilakukan kata Bambang untuk meminimalkan gangguan keamanan, ketertiban masyarakat (kamtibmas).

"Upaya preventif kami prioritaskan untuk meminimalkan gangguan, salah satunya dengan pendekatan kepada masyarakat," ujarnya

Bambang Adrian mencontohkan seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu,  Bripka Zulpahmi di Kantor Pertanian Nagari Batu Gadang Kuranji Hulu, pada Jumat 03 maret 2023 kemaren.

Bambang Adrian mengatakan, pola pendekatan dengan memperbanyak bertatap muka dan sosialisasi yang dilakukan para Bhabinkamtibmas dinilai cukup ampuh untuk meningkatkan pemahaman pentingnya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat.

Dengan menjalin hubungan baik dengan warga, kata dia, berdampak positif terhadap keterbukaan dan kecepatan informasi yang diberikan warga kepada para Bhabinkamtibmas terkait perkembangan situasi dan kondisi terkini yang terjadi di masyarakat, ujarnya.

"Sosialisasi dan tatap muka secara langsung dengan masyarakat sudah merupakan tugas keseharaian para personil  sebagai antisipasi gangguan kamtibmas," katanya.

Lanjut Bambang mengatakan, Selain menjaga kamtibmas, kata dia, pihaknya setiap hari Jumat rutin melakukan Jumat Curhat, dan berbagi sembako kepada warga masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan ini dilakukan selain intruksi dari Bapak Kapolres Pariaman AKBP Abd Aziz. SIK juga merupakan program Quick Wins yang digagas Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo untuk mendengar langsung permasalahan atau keluhan yang dirasakan masyarakat.

Kegiatan Jumat Curhat ini, selain menampung curhatan masyarakat, juga bisa dijadikan sebagai wadah berdiskusi terkait masalah warga secara pribadi maupun umum yang belum terpecahkan atau butuh penyelesaian.

"Dalam Jumat Curhat itu, banyak warga yang memberikan pertanyaan dan masukan kepada Polri tentang situasi terjadi. Harapannya, kegiatan ini dapat mewujudkan ketertiban dan keamanan masyarakat (Kamtibmas) serta meningkatkan hubungan silaturahmi dengan masyarakat," katanya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments