Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Imbau Warga Waspada Pencurian Hewan Ternak Menjelang Hari Raya Idul Fitri

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Kampung Dalam Imbau Warga Waspada Pencurian Hewan Ternak Menjelang Hari Raya Idul Fitri

Kampung Dalam, Pionir--Untuk mencegah pencurian hewan ternak di bulan Ramadhan, Kapolsek Kampung Dalam Iptu Jafri. SH instruksikan Bhabinkamtibmas untuk melakukan imbauan kepada warga masyarakat di masing-masing daerah binaanya.

Kata Iptu Jafri, biasanya di bulan Ramadhan menjelang hari raya Idul Fitri, pencurian hewan ternak berupa sapi, dan kambing meningkat dibandingkan dengan hari biasa. Untuk itu di instruksikan kepada para Bhabinkamtibmas terus melakukan imbauan kepada warga agar lebih waspada.

Ia mencontohkan seperti yang dilakukan Bhabinkamtibmas Nagari Sikucua Tengah Briptu Dahnil Khodrianto. SH di daerah binaanya di Korong Kampung Tangah Nagari Sikucua Tengah, Kecematan Kampung Dalam, Senen 17 April 2023.

Iptu Jafri mengatakan, dimasa pandemi beberapa waktu yang lalu masyarakat kewalahan untuk memenuhi kebutuhan hidup. Hal ini sangat berdampak bagi warga yang berkerja serabutan, buruh dan pedaggang. Imbasnya, untuk memenuhi kebutuhan perut mereka bisa menghalalkan segala cara kendati akan bermasalah dengan hukum. 

"Mengingat situasi ekonomi saat ini sedang sulit, sehingga mendorong para pelaku untuk berbuat melanggar hukum," ujarnya.

Jafri menjelaskan, ada beberapa trik yang bisa dilakukan masyarakat agar hewan ternak aman dari aksi pencurian. Pertama  jangan melepaskan hewan ternak terlalu jauh, agar dapat dipantau. Kedua menambah kunci pengaman pada pintu kandang, dan penerangan di area sekitar kandang. Mengingat para pelaku pencuri ternak, kerap menggunakan peluang saat para pemilik ternak lengah.

"Kita juga mengimbau masyarakat dapat turut mendukung pihak kepolisian dengan cara menghidupkan kembali sistem keamanan lingkungan. Seperti melakukan ronda malam, agar penjagaan lebih maksimal," ucapnya

Dikatakanya, meskipun saat ini situasi kamtibmas kondusif, namun kewaspadaan, kepedulian dan kepekaan tetap kita tingkatkan agar kondusifitas kamtibmas tetap terjaga dari segala macam bentuk ancaman, katanya.

Kita berharap warga masyarakat proaktif dan bekerja sama dengan kepolisian untuk menyampaikan informasi perihal situasi Kamtibmas yang ada dilingkungannya masing-masing, guna mendukung terciptanya situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif ditengah-tengah masyarakat, tukasnya (e'ef)



iklan adsense

Post a Comment

0 Comments