Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Ingatkan KPM Manfaatkan Bansos PKH Dengan Baik

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Pulau Punjung Ingatkan KPM Manfaatkan Bansos PKH Dengan Baik

Pulau Punjung, Pionir--Kementerian Sosial (Kemensos) dan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menyepakati skema penyaluran bantuan sosial Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) atau sembako untuk masyarakat melalui Himpunan Bank Negara (Himbara) dan PT Pos Indonesia.

Saat itu Menteri Sosial Tri Rismaharini menjelaskan, dalam skema ini, disepakati Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang dekat dengan bank dapat mengambil bantuan secara cash di cabang atau ATM terdekat. Namun, jika tidak mengambil bantuan dalam waktu yang telah ditentukan, maka penyaluran akan diambil alih oleh PT Pos Indonesia.

Menyikapi hal itu, masyarakat Nagari Silago Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya yang menerima bantuan tersebut, (Keluarga Penerima Manfaat) berbondong bondong mendatangi Brilink di kawasan pasar Silago Nagari Silago Kecamatan Sembilan Koto Kabupaten Dharmasraya, Kamis 20 April 2023.

Aiptu Iswandi selaku Bhabinkamtibmas di daerah tersebut menyebutkan, tujuan pemerintah menyalurkan bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) tersebut bertujuan untuk meningkatkan financial inclusion atau keuangan inklusif bagi masyarakat.

"Keuangan inklusif itu adalah upaya menyediakan akses berbagai produk finansial kepada masyarakat secara luas, termasuk kelompok masyarakat rentan, berpenghasilan rendah dan penyandang disabilitas," ujarnya.

Selain itu, penyaluran lewat bank memungkinkan masyarakat untuk mengambil bantuan melalui ATM atau melalui Brilink, katanya.

Dikatakanya, saat itu para keluarga penerima manfaat memadati Brilink milik Zul di kawasan Pasar Silago. Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan, saat itu ia melakukan pendampingan sekaligus melakukan pengamanan di Brilink tersebut,  dari awal pembagian sampai selesai, ujarnya.

Lanjut Iswandi  mengatakan, pengawalan dan pengamanan itu penting dilakukan, agar masyarakat merasa aman dan nyaman saat menerima bantuan. 

"Kita selalu hadir di tengah masyarakat untuk memberikan Pelayanan, Perlindungan dan Pengayoman," ucapnya.

Ia pun berharap agar para KPM yang menerima bantuan bisa memanfaatkan dana yang telah diterimanya dengan baik untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, tuturnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments