Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Geringging Imbau Warga Binaan Waspada Cuaca Ekstrem

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Polsek Sungai Geringging Imbau Warga Binaan Waspada Cuaca Ekstrem

Sungai Geringging, Pionir-- Bhabinkamtibmas Sungai Sirah Kuranji Hulu, Polsek Sungai Geringging, Polres Pariaman, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Aipda Novri Andri mengimbau kepada para pemudik untuk berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan selama mudik dan arus balik Lebaran . Pasalnya, BMKG memprakirakan cuaca ekstrem masih berpotensi terjadi di beberapa wilayah sepanjang masa mudik Lebaran 1444 H.

"Kami mengimbau kepada seluruh pemudik, untuk mewaspadai kemungkinan terjadinya cuaca ekstrem selama arus mudik," katanya.

Kata Aipda Novri Andri berdasarkan prakiraan BMKG, potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa daerah di Sumatera Barat, termasuk Kabupaten Padang Pariaman.

Sementara itu, daerah lainnya yang perlu ditingkatkan kewaspadaannya yakni Kota Padang, Kota Pariaman, Agam, Bukittinggi, Tanah Datar dan Padang Panjang. 

”Untuk satu Minggu ke depan potensi hujan masih lebat, untuk itu kita imbau kepada warga masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan. Waspada bencana banjir dan tanah longsor," ujarnya.

Aipda Novri Andri menjelaskan, saat ini kita tengah memasuki masa peralihan musim, dari musim hujan ke musim kemarau sehingga potensi cuaca ekstrem masih dapat terjadi. 

Saat peralihan musim itu, kata Novri Andri arah angin bertiup sangat bervariasi, sehingga mengakibatkan kondisi cuaca bisa dengan tiba-tiba berubah dari panas ke hujan atau sebaliknya. 

"Namun, secara umum biasanya cuaca di pagi hari cerah, kemudian siang hari mulai tumbuh awan, dan hujan menjelang sore hari atau malam," tuturnya

Kondisi ini juga yang menjadi salah satu pemicu bencana hidrometeorologi basah, seperti banjir bandang dan tanah longsor, tukasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments