Ditsamapta Polda Sumbar Siapkan 80 Personel Dalmas Backup Pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah

iklan adsense

Ditsamapta Polda Sumbar Siapkan 80 Personel Dalmas Backup Pengamanan Lebaran Idul Fitri 1444 Hijiriah


Padang, Pionir--
 Direktorat Samapta (Ditsamapta) Polda Sumatera Barat (Sumbar) menyiapkan 80 personel Dalmas untuk backup pengamanan liburan hari raya Idulfitri tahun 2023 di Polres Jajajaran Polda Sumbar.

Kata Direktur Samapta Polda Sumbar Kombes Pol Akhmadi. SIK melalui Kasipasdal Kompol Maman Rosadi. SH mengatakan pada Pionir, dari jumlah personel ini nantinya akan dibagi beberapa kelompok, yakni sebagian personel akan melakukan patroli, membackup pengamanan di Polres-Polres jajaran Polda Sumbar, seperti Polres Pariaman, Polres Padang Pariaman, Polres Padang panjang, Polresta Bukitinggi, Polres Payakumbuh, dan Polres 50 kota  

"Delapan Puluh personil disiapkan untuk membackup pengamanan di Polres jajaran. Jika memerlukan bantuan, personel Dalmas Ditsamapta siap diterjunkan," ujar Maman.

Lanjut Maman mengatakan, diperkirakan arus mudik tahun ini membeludak, karena sudah dua tahun masyarakat menahan diri tidak bisa mudik lantaran dampak pandemi Covid-19. Selain itu, wilayah Sumatera Barat juga merupakan jalur alternatif di Sumatera bagian tengah sehingga menjadi arus pertemuan jalur antar daerah, katanya.

"Ya, secara geografis Sumatera Barat sebagai wilayah alternatif pemudik dari jalur tengah pulau Sumatera. Bahkan, menjadi arus tengah titik pertemuan jalur daerah,"ucapnya.

Lebih lanjut Maman mengatakan, Pemudik dari Jakarta atau pulau Jawa misalnya, biasanya menjadikan Sumatera Baeat tempat istirahat, sebab di sini menjadi titik lelah pemudik. Oleh karena itu, biasanya terjadi penumpukkan atau peningkatan jumlah kendaraan setiap mudik Lebaran, terutama di hari-hari mendekati hari H.

Untuk mengantisipasi penumpukan jumlah kendaraan tersebut Ditsamapta Polda Sumbar menerjunkan personil Dalmas menggunakan kendaraan pengurai massa (RAIMAS) Roda dua  jenis Trail sebanyak 30 unit, sehingga pergerakan anggota di lapangan bisa dengan cepat menuju titik kemacetan.

"Kita ini hanya mem backup pengamanan berapa pun jumlah permintaan, maka kami siap untuk menerjunkan personel ke lapangan," pungkas Maman Rosadi (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments