Bhabinkamtibmas Koto Amal Ikuti Sosialisasi Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papillomavirus (HPV)

iklan adsense

Bhabinkamtibmas Koto Amal Ikuti Sosialisasi Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papillomavirus (HPV)

Koto Amal, Pionir--Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Padang Pariaman menggelar pertemuan dengan para Koordinator Imunisasi (Korim) dengan seluruh tenaga kesehatan yang ada di Kecamatan Aur Malintang,  dalam rangka kegiatan sosialisasi Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papillomavirus (HPV) yang di selengarakan di Puskesmas Batu Basa, Kanagarian Balai Baik Malai III Koto, Kecamatan IV Koto Amal, Kabupaten Padang Pariaman, Selasa15 Agustus 2023.

Kegiatan sosialisasi Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papillomavirus (HPV) ini juga di ikuti oleh Bhabinkantibmas Nagari Balai Baiak Malai III Koto, Polsek Koto Amal, Polres Pariaman, Ricky Pratama.

Ricky Pratama mengatakan, kegiatan sosialisasi yang di lakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman ini membahas pengenalan vaksin baru, yaitu Vaksin Rotavirus (RV) dan Vaksin Human Papillomavirus (HPV).

"Vaksin Rotavirus ini ditujukan untuk mencegah diare pada balita dan akan diberikan tiga kali pada usia 2 bulan, 3 bulan, dan 4 bulan dengan pemberian 5 tetes setiap imunisasinya. Sedangkan vaksin HPV ditujukan untuk mencegah kanker serviks rahim pada wanita dan diberikan dua kali pada anak perempuan usia kelas 5 dan kelas 6," ujarnya.

Dikatakannya, Vaksin HPV ini diberikan pada anak perempuan usia kelas 5 dan diulang lagi nanti di kelas 6, jadi valsin ini diberikan dua kali, di usia kelas lima dan diulang lagi tahun depannya pada usia kelas enam, ujarnya.

Ia  juga menjelaskan urgensi pemberian Vaksin RV dan HPV ini mengingat tingginya kasus diare pada bayi (sekitar 10.2%) dan kanker serviks pada wanita dewasa (sekitar 9.6%). Dengan adanya vaksin baru ini, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir dan takut lagi. Terlebih, vaksin ini diberikan dalam bentuk ditetes untuk Vaksin RV dan disuntikkan untuk Vaksin HPV, tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments