Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Linggo Sari Baganti Ajak Masyarakat Aktifkan Kembali Siskamling

iklan adsense

Cegah Gangguan Kamtibmas, Polsek Linggo Sari Baganti Ajak Masyarakat Aktifkan Kembali Siskamling

Linggo Sari Baganti, Pionir--Kapolsek Linggo Sari Baganti, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Hendra. SH,MH mengajak masyarakat di wilayah hukumnya untuk mengaktifkan kembali sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di setiap nagari dan jorong, guna mencegah timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Imbauan tersebut disampaikan Iptu Hendra saat melakukan Curhat Kamtibmas bersama walinagari dan masyarakat di Kantor Wali Nagari Padang XI Punggasan, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Jumat 04 Agustus 2023.

Kata Iptu Hendra, saat ini sebahagian daerah di Kecamatan Linggo Sari Baganti keberadaan  siskamling  tidak aktif lagi. Melihat fakta itu perlu diaktifkan lagi untuk mencegah terjadinya gangguan kamtibmas.

"Melalui kegiatan siskamling ini kita juga dapat mencegah pelaku kejahatan, terutama pencurian dimalam hari," ujarnya.

Iptu Hendra mengatakan, masyarakat harus melakukan pengawasan dan pengamanan di lingkunganya masing-masing, sebagai daya cegah terjadinya gangguan kamtibmas.

"Melalui siskamling diharapkan masyarakat lebih waspada dan dapat mencegah masuknya pelaku kejahatan di lingkunganya" katanya.

Ia menjelaskan, partisipasi masyarakat dalam menjaga keamanan agar tetap kondusif sangat diharapkan, karena masyarakat yang paling mengetahui tentang kondisi lingkungannya.

"Jika masyarakat mengetahui hal-hal yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas dan tindak kejahatan, diminta untuk segera melaporkannya kepada aparat kepolisian," ujarnya

Selain itu, kita juga berupaya meningkatkan patroli di daerah rawan kejahatan dan gangguan kamtibmas, serta melakukan penegakan hukum secara tegas, tukasnya (Hanni Andri)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments