Kapolsek Koto XI Tarusan Imbau Masyarakat Manfaat kan Pekarangan untuk Mencegah Stunting

iklan adsense

Kapolsek Koto XI Tarusan Imbau Masyarakat Manfaat kan Pekarangan  untuk Mencegah Stunting

Tarusan, Pionir-- Diketahui pencegahan dan penurunan angka stunting tidak lepas dari partisipasi dan sinergitas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Dinas Kesehatan, stake holder, serta pemerintah kecamatan, nagari/kelurahan dan warga masyarakat.

Untuk itu pada Kamis 24 Agustus 2023 pukul 09.30 Wib di Kecamatan Koto XI Tarusan dilaksanakan rapat koordinasi Lokakarya Mini (Lokmin) untuk pencegahan stunting dengan nara sumber Afrido  Nofindra, SP. selaku PPL Duku dan Batu Hampa dari Dinas Pertanian Kecamatan Koto XI Tarusan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kapolsek Koto XI Tarusan Iptu Donny Putra, SH.MH, Camat Koto XI Tarusan (Nurlani, Danramil 07 Koto XI Tarusan Sertu Nofrianto, Korlaap KB Kecamatan Koto XI Tarusan, petugas gizi Puskesmas Koto XI Tarusan, petugas gizi Puskesmas Baruang-Baruang Balantai, Ibu-ibu PKK Kecamatan Koto XI Tarusan, Staf Kecamatan Koto XI Tarusan dan Staf Pertanian Kecamatan Koto XI Tarusan.

Kata Kapolsek Koto XI Tarusan Iptu Donny Putra, SH.MH saat di konfirmasikan pionir terkait masalah stunting mengatakan, saat ini pemerintah Kecamatan Koto XI Tarusan melalui Dinas Pertanian terus memacu gerakan diversifikasi pangan melalui pemanfaatan pekarangan. Sebab, gerakan diversifikasi pangan sesuai Undang-Undang Pangan Nomor 18 tahun 2012, adalah tanggung jawab pemerintah bersama masyarakat dalam upaya  mewujudkan masyarakat yang sehat, aktif dan produktif.

"Ini merupakan salah satu intervensi kita dalam upaya bersama penurunan stunting," katanya

Donny mengatakan, optimalisasi pemanfaatan pekarangan merupakan upaya untuk mendukung diversifikasi pangan sehingga masyarakat dapat mengonsumsi pangan yang beragam, bergizi seimbang dan aman (B2SA).

Selaku Kapolsek Donny mengimbau masyarakat bersama cegah stunting dengan memanfaatkan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi keluarga, ucapnya.

"Selain melestarikan pekarangan, keluarga kita juga sehat. Sebab mengkonsumsi komoditas lokal akan terjamin kualitasnya," ungkapnya.

Untuk itu kita mengimbau masyarakat mari hidup sehat dengan mengkonsumsi pangan lokal. Kenyang tidak mesti makan nasi," tukasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments