Melalui "Ota Lapau" Kapolsek Koto XI Tarusan Ingatkan Warga Waspadai Curanmor

iklan adsense

Melalui "Ota Lapau" Kapolsek Koto XI Tarusan Ingatkan Warga Waspadai Curanmor

Tarusan, Pionir-- Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat di Minang Kabau, memilih lapau menjadi rumah kedua mereka, khususnya bagi kaum pria. Kebiasaan ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Di lapau inilah mereka berdiskusi dan membahas segala sesuatu yang terjadi, mulai dari permasalahan politik, agama, budaya, sosial, bahkan permasalahan pribadi tidak luput dari pembicaraan mereka.

Diketahui, Budaya Minangkabau lekat dengan petatah petitih yang bernilai seni retorika, latihan berpikir dan pengakumulasian pengetahuan lokal yang unik. Oleh karena itulah, mulut dan lidah menjadi amat berharga dalam pembicaraan yang disebut dengan “ota lapau."

Memanfaatkan momen itu Kapolsek Koto XI Tarusan, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) Iptu Donny Putra. SH,MH bersama Wakapolsek dan Bhabinkamtibmas Nagari Baruang-Baruang Balantai  Aiptu Effitra melaksanakan "Carito Lapau" dalam rangka Jumat curhat yang di ikuti oleh tokoh masyarakat, ninik mamak, pengurus pasar dan pedagang di Pasar Baruang-Baruang Balantai tersebut, Jum'at 04 Agustus 2023.

Kata Donny Putra, kedatanganya ke Lapau milik salah seorang warga Barung-Barung Balantai itu dalam rangka bersilaturahmi serta menyampaikan pesan- pesan kamtibmas kepada masyarakat, terkait Pencurian Kendaraan Bermotor (Curanmor) yang dikemas dalam bentuk curhatan bersama masyarakat.

"Maraknya pencurian kendaraan bermotor saat ini mengundang perhatian semua pihak, selain meningkatkan kewaspadaan, warga masyarakat juga diminta berperan aktif untuk mengantisipasi hal ini, terutama dilingkungan pasar," ucapnya

Pada saat itu kita juga mengimbau warga agar memakirkan kendaraan pastikan stank dalam keadaan terkunci, kapan perlu di tambah kunci ganda.

"Masyarakat harus mengunci ganda sepeda motornya. Hal ini guna menghindari pencurian sepeda motor,"ujarnya

Donny mengatakan, sebagai upaya pencegahan ia telah menempatkan personilnya pada setiap hari pasar untuk melakukan pengamanan kepada pedagang dan pengunjung dari aksi kriminalitas seperti copet dan curanmor.

"Setiap hari pasar ada petugas melakukan pengamanan di pasar tradisional tersebut, selain itu juga memberikan imbauan kamtibmas serta melakukan pengaturan arus lalulintas," tuturnya. 

Selain melakukan pengamanan dan pengaturan lalu lintas, Iptu Donny Putra juga menugaskan anggotanya untuk melakukan patroli dialogis dipasar tersebut, agar bersama-sama menjaga kondusifitas Kamtibmas di area pasar.

“Dengan melakukan patroli dialogis ini, setidaknya dapat mencegah para pelaku kejahatan untuk berbuat kejahatan," tukasnya (Firman Sikumbang).

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments