Ribuan Warga Antusias Saksikan Pawai Alegoris di Kecamatan Koto XI Tarusan

iklan adsense

Ribuan Warga Antusias Saksikan Pawai Alegoris di Kecamatan Koto XI Tarusan

Tarusan, Pionir--Ribuan warga Kecamatan XI Koto Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) tumpah ruah ke jalan menyaksikan kemeriahan acara Pawai Alegoris dalam rangka merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 yang diselenggarakan di halaman Kantor Camat Koto XI Tarusan, Jumat 18 Agustus 2023.

Pawai tersebut secara langsung dilepas oleh Forkopimca Koto XI Tarusan yang di hadiri oleh Kepala Kapuskesmas Kecamatan Koto XI Tarusan, Kepsek SD SMP SMU & SMK se Kecamatan Koto XI Tarusan, Wali Nagari Se Kecamatan Koto XI Tarusan, KUA Kecamatan Koto XI Tarusan, Kordikcam Keamatan Koto XI Tarusan, Ukl Disdukcapil Kecamatan Koto XI Tarusan, Toma Toga dan Toda Kecamatan Koto XI Tarusan.

Disaat berlangsungnya pawai alegoris tersebut, Kapolsek Koto XI Tarusan Iptu Donny Putra, SH.MH menurunkan personilnya untuk pengamananan, lebih kurang  20 orang personil, dibantu oleh instansi samping seperti TNI, Dinas Perhubungan dan Pol PP Kecamatan Koto XI Tarusan.

Adapun rute dari peserta pawai alegoris tersebut adalah,  start dari halaman Kantor Camat Koto XI Tarusan menuju Pasar Tarusan dan berputar di Simpang Tanjung. Finis, kembali ke Kantor Camat Tarusan.

Peserta pawai alegoris tersebut menggunakan pakaian termasuk seragam Polri dan TNI.

Kata Iptu Donny Putra pada Pionir, pawai alegoris di diharapkan dapat meningkatkan persatuan bangsa, serta membentuk pribadi anak bangsa  yang berkarakter dan memiliki identitas di mata negara lain kedepannya.

Diharapkan, Kegiatan ini juga harus mempunyai tema, seperti tema pembangunan, kesenian, dan lain sebagainya, sehingga dalam setiap tahunnya akan lebih menarik," katanya

Dikatakanya, diadakannya kegiatan pawai alegoris/pesta rakyat ini adalah sebagai sarana promosi kepariwisataan di Kecamatan Koto XI Tarusan, serta mendorong berkembangnya sektor pariwisata melalui kreasi hasil pembangunan dari masyarakat, organisasi dan lembaga lainnya.

Donny mengatakan, pariwisata adalah bagian penting dari kehidupan, baik dalam kehidupan perorangan maupun dalam kehidupan bermasyarakat, maka atas dasar itu dalam rangka memeriahkan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia  ke-78 ini pemerintah Kecamatan Koto XI Tarusan melaksanakan kegiatan pawai alegoris/pesta rakyat.

"Kita merasa puas karena antusias peserta sangat bagus dengan menampilkan potensi daerah Kabupaten Pesisir Selatan. Kesuksesan pembangunan berawal dari peran aktif masyarakat yang berkontribusi bagi kemajuan pemerintah daerah," tukasnya (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments