Antisipasi Dampak Banjir Kapolsek Koto XI Tarusan Polres Pesisisr Selatan Tanam 50 Bibit Pohon

iklan adsense

Antisipasi Dampak Banjir Kapolsek Koto XI Tarusan Polres Pesisisr Selatan Tanam 50 Bibit Pohon

Pessel, Pionir--Lebih dari 50 pohon beragam jenis ditanam di sekitar halaman Masjid Hidayatullah Kenarian Jinang Kampung Pansur, depan pasar Pedesaan Nagari Jinang dan di samping asrama Polsek Koto XI Tarusan, Sabtu 22 Juni 2024.

Penanaman pohon ini dipimpin langsung oleh Kapolsek Koto XI Tarusan AKP Donny Putra, SH.MH di ikuti oleh seluruh personil Polsek Koto XI Tarusan. Juga tampak pengurus Bhayangkari dan ASN Polsek tersebut.

Kendati terik matahari menyengat kulit, tampak personil Polsek Koto XI Tarusan berjibaku menggali tanah yang hendak di tanami pohon jenis Cubadak, Pohon Jengkol dan Pohon Petai di lubang sedalam 30 cm.

Kapolsek Koto XI Tarusan AKP Donny Putra, SH.MH mengatakan, penanaman pohon ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi bencana banjir yang sering terjadi di Kecamatan Koto XI Tarusan.

"Kita menyadari Kecamatan Koto XI Tarusan rentan terhadap bencana seperti banjir dan longsor, sehingga penanaman pohon ini sangat penting untuk mencegah erosi tanah dan mengurangi dampak negatif dari bencana alam" ucapnya.

Donny pun merujuk peristiwa banjir bandang yang terjadi beberapa bulan yang lalu di Kecamatan Koto XI Tarusan. Ia menyebutkan peristiwa itu bukan saja murni karena bencana alam, namun juga dipicu oleh beberapa faktor lainnya. Salah satunya adalah faktor topografis wilayah atau kemiringan lereng. Artinya kata dia menambahkan, semakin curam suatu lereng, kecepatan aliran akan semakin cepat dan akan meningkatkan daya rusak saat terjadi banjir bandang.

Untuk mengurangi risiko banjir dan longsor itu ada beberapa upaya yang dapat kita lakukan, diantaranya dengan mempertahankan dan menambah tutupan pohon di wilayah DAS, agar fungsi pohon dapat menjadi penyimpan air yang efektif.

"Tutupan pohon berperan sangat penting dalam menjaga keseimbangan hidrologis suatu DAS. Dengan terjaganya tutupan pohon, tanah mampu terus meresap air," tuturnya.

Melalui Hari Bhayangkara ke-78 tahun ini diharapkan Polri terus berkontribusi dalam menjaga kelestarian alam dan lingkungan, serta membangun sinergi yang positif dengan masyarakat, ujarnya

Donny berharap, penanaman pohon ini juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi masyarakat. Dengan demikian, kegiatan ini bukan hanya untuk menjaga kelestarian alam, tetapi juga sebagai upaya konkret Polri dalam menciptakan lingkungan yang sehat, lestari, dan indah," pungkasnya (Firman Sikumbang)


iklan adsense

Post a Comment

0 Comments