SDM Petani Kecamatan Koto XI Tarusan Terus Dibenahi

iklan adsense

SDM Petani Kecamatan Koto XI Tarusan Terus Dibenahi

Pessel, Pionir—Seperti diketahui pertanian merupakan salah satu sektor yang mempunyai peran strategis dan penting. Sektor ini juga merupakan sktor paling krusial bagi pendapatan masyarakat. Oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan terus berupaya membangun sumber daya manusia (SDM) yang unggul agar mampu mengakrelasi gerak pembangunan menuju ketahanan pangan di daerah itu.

Seperti yang dilakukan pada hari Selasa pagi 25 Juni 2024 bertempat di Gedung Serbaguna Kenagarian Nanggalo, Kecamatan Koto XI Tarusan, Kabupaten Pesisir Selatan. Pada hari itu dilaksanakan Pelatihan Petani Nagari Nanggalo dengan Tema "Teknik Jajar Legowo, Solusi Terpadu Pengendalian Hama dan Peningkatan Produksi Padi". Pelatihan ini menghadirkan pemateri dari Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Koto XI Tarusan.

Hadir dalam kegiatan tersebut Camat Koto XI Tarusan Nurlaini, S.E., M.Si. diwakilkan oleh staf Kesra Kecamatan. Kapolsek Koto XI Tarusan, Polres Pesisir Selatan, Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Donny Putra, SH. MH, Wali Nagari Nanggalo beserta perangkat nagari, Ketua KAN Nagari Nanggalo, Ketua BAMUS Nagari Nanggalo, Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Koto XI Tarusan dan undangan lainnya.

Kapolsek Koto XI Tarusan AKP Donny Putra yang hadir saat itu, kepada wartawan media ini Rabu 26 Juni 2024 mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka membangun SDM unggul agar mampu mengakrelasi gerak pembangunan menuju ketahanan pangan di daerah itu.

Saat itu kata Donny Puutra, terungkap bahwa penyuluh pertanian memegang peran penting dalam peningkatan produksi pertanian, karena mentransformasi petani tradisional menjadi petani tangguh yang mampu memanfaatkan sumberdaya secara optimal.

Karena itu tak mengherankan bila Bupati Pesisir Selatan Rusma Yul Anwar terus memberikan motivasi motivasi kepada penyuluh dan petani untuk lebih maju dalam melakukan usaha di bidang pertanian serta memberikan identitas bagi penyuluh pertanian di daerahnya.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada para penyuluh pertanian lapangan yang membantu dalam menfasilitasi petani menjadi petani modern. Pembangunan SDM adalah menjadi kunci keberhasilan dan kesuksesan pembangunan pertanian," begitu kata Rusma Yul Anwar setiap kali ada kesempatan bertemu dengan petani dan penyuluh pertanian. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments