Kapolres Pasaman Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Singgalang 2024

iklan adsense

Kapolres Pasaman Barat Pimpin Apel Gelar Pasukan Ops Patuh Singgalang 2024


Pasaman Barat, Pionir- - Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto, S.Ik memimpin apel gelar pasukan Operasi Patuh Singgalang 2024 dalam rangka  cipta kondisi kamseltibcarlantas dan meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas, yang dilaksanakan di Halaman Mako Polres, Senin (15/7/2024). 

Apel gelar pasukan yang dimulai pada pukul 08.00 Wib ini dihadiri oleh PJU Polres Pasaman Barat, Pabung Kodim 0305/Pasaman Mayor Kav. Sumidi, Wadanki 3 Batalyon C Sat Brimobda Sumbar Ipda Jonaidi, Kasat Pol PP Pasaman Barat, Kepala Dinas Perhubungan, Perwakilan Kepala Jasa Raharja, Ketua Senkom Pasbar Agus Almukrim. 

Peserta apel gelar pasukan Ops Patuh terdiri dari pleton perwira gabungan, pleton TNI dari Kodim 0305/Pasaman, pleton Satbrimobda Polda Sumbar, Pleton Personel Polres Pasaman Barat, Pleton Sat Pol PP, Pleton Dishub, Pleton Senkom, serta Pleton Basarnas Pasaman Barat.

Dalam kegaiatan apel gelar pasukan tersebut, Kapolres secara simbolis menyematkan pita operasi kepada perwakilan personel TNI, personel Satbrimob, personel Sat Lantas, Personel Sat Pol PP sebagai tanda Operasi Patuh 2024 dimulai. 

 Dalam amanat Kapolres Pasaman Barat AKBP Agung Tribawanto menyampaikan bahwa semoga dengan operasi ini mampu meningkatkan kesadaran masyarakat agar bisa tertib berlalu lintas dan mampu menekan terjadinya kecelakaan Lantas serta menjawab permasalahan di bidang lalu lintas yang telah berkembang dengan cepat dan dinamis.

"Operasi patuh ini dilaksanakan selama 14 hari diseluruh Indonesia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat agar lebih tertib berlalulintas dan untuk menekan terjadinya kecelakaan lantas di jajaran," kata Kapolres.

Untuk itu, dalam rangka membangun tertib berlalu lintas guna mewujudkan Kamseltibcar lantas yang presisi, sesuai dengan amanat UU Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Diharapkan, kepada seluruh personel Polri dan didukung stakeholders terkait, guna mewujudkan rasa simpatik masyarakat kepada Polri khususnya Polantas dan untuk memberikan edukasi masyarakat agar mengetahui arti pentingnya keselamatan berkendara serta taat dan patuh terhadap aturan berlalu lintas," ungkapnya.

AKBP Agung menambahkan, dalam operasi patuh ini, selain melaksanakan kegiatan penindakan pelanggaran, kita juga melaksanakan kegiatan dikmas Lantas yang diharapkan mampu meningkatkan disiplin masyarakat, menurunkan angka pelanggaran, kecelakaan lantas dan fatalitas lalulintas.

Operasi Patuh Singgalang 2024 akan dilaksanakan selama 14 hari, terhitung mulai tanggal 15 Juli sampai dengan tanggal 28 Juli 2024. 

Dalam pelaksanaan operasi Patuh tahun ini, Polri mengangkat tema “Tertib Berlalu Lintas Demi Terwujudnya Indonesia Emas” dalam rangka meningkatkan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas serta mewujudkan kamseltibcarlantas yang aman, lancar dan mantap. 

Operasi yang dilaksanakan secara khusus dalam rangka giat pencegahan, penanggulangan dan penindakan terhadap pelanggaran Lantas untuk mewujudkan kamseltibcar lantas, yang berimplikasi terhadap menurunnya angka pelanggaran lalu lintas, menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dan korban fatalitas serta meningkatnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas.

Pola pelaksanaan Operasi Patuh Singgalang 2024 ini agar mengedepankan tindakan preemtif, preventif dan penindakan pelanggaran Kasat Mata.

Agar pelaksanaan Ops Patuh Singgalang 2024 ini berhasil dan sukses, Kapolres Pasaman Barat memerintahkan jajarannya untuk melibatkan unsur TNI dan stakeholder terkait lainnya didalam operasi sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing, agar operasi dapat terlaksana dengan baik. 

Diakhir amanatnya, Kapolres berpesan kepada personel yang bertugas untuk menghindari sikap dan perilaku serta tindakan yang tidak sesuai dengan ketentuan peraturan yang berlaku sehingga berdampak berkurangnya kepercayaan dan simpati masyarakat kepada Polri khususnya Polisi lalu lintas.

“Berikan arahan yang jelas kepada anggota yang terlibat dalam Operasi sebelum melaksanakan kegiatan, sehingga dalam melakukan tindakan bisa lebih simpatik dan humanis serta tidak melakukan tindakan yang kontra produktif,” tutup Kapolres mengakhiri amanatnya.

Selesai pelaksanaan apel gelar pasukan Ops Patuh Singgalang 2024, Kapolres bersama para pejabat utama dan Kapolsek sejajaran mengecek ranmor dinas yang akan digunakan selama pelaksanaan Ops Patuh Singgalang 2024 di depan halaman Mako Polres Pasaman Barat. (HumasResPasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments