Alam Memberi “Reaksi”, Kahurtala pun Terjadi di Kecamatan Koto XI Tarusan

iklan adsense

Alam Memberi “Reaksi”, Kahurtala pun Terjadi di Kecamatan Koto XI Tarusan

Pessel, Pionir—Beberapa hari belakangan terik matahari begitu terasa menyengat, suhu udara pun dirasa cukup ekstrim di daerah Kabupaten Pesisir Selatan, khususnya di Kecamatan Koto XI Tarusan. Akibatnya alam pun memberi “reaksi”. Buktinya pada Selasa sore 30 Juli 2024, sekira jam 17.00 WIB terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Bukit Batu Patah, Kenagarian Batu Hampa, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan.

Hal tersebut pun dibenarkan oleh Kapolsek Koto XI Tarusan, Polres Pesisir Selatan (Pessel), Polda Sumatera Barat (Sumbar) AKP Donny Putra SH, MH pada wartawan media ini melalui telepon selulernya.

“Benar, telah terjadi kebakaran hutan dan lahan sekitar dua hektar di wilayah hukum Polsek Koto XI Tarusan, tepatnya di Bukit Batu Patah, Kenagarian Batu Hampa,” kata AKP Donny Putra. 

Begitu mendapat kabar telah terjadi kebakaran hutan kata Donny menambahkan, ia bersama anggota piket langsung berangkat menuju lokasi tersebut. “Begitu kami sampai di lokasi, terlihat api masih menyala," ujar Donny.

Saat itu Donny pun langsung menghubungi Wali Nagari Batu Hampa untuk membawa warga membantu memadamkan api.

"Kami juga berkoordinasi dengan Danramil setempat untuk bersama-sama memadamkan api dengan cara memukul-mukul api agar padam. Alhamdilillah api dapat dipadamkan beberapa saat setelah melakukan upaya pemadaman bersama masyarakat, pemilik lahan dan wali nagari,” ujarnya. (Firman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments