Anggota Dalmas Samapta Polda Sumbar Rutin Latihan Beladiri

iklan adsense

Anggota Dalmas Samapta Polda Sumbar Rutin Latihan Beladiri

Padang, Pionir—Untuk menghadapi gangguan kamtibmas dan memberikan rasa aman kepada masyarakat, sepertinya Samapta Polda Sumbar lebih memilih untuk memberikan latihan beladiri Polribagi para personelnya, terutama anggota pengendalian massa (Dalmas)

Setidaknya hal itu terungkap dari bincang-bincang santai wartawan media ini dengan Kasubdit Dalmas Kompol Maman Rosadi SH pada Rabu 31 Juli 2024.

Dikatakan Maman Rosadi beladiri Polri ini adalah beladiri gabungan dari beberapa jenis beladiri, seperti Karate,Kempo, Tackwondo,Judo,Gulat, Silat dan beladiri lainnya yang ada di Indonesia. Dari semua beladiri itu kebanyakan di ambil gerakanya untuk melumpuhkan lawan sesuai dengan filosofinya, bahwa tugas Polri yang utama adalah melumpuhkan  bukan membunuh para pelaku kejahatan. 

Beladiri Polri ini mempunyai tiga manfaat, yaitu untuk pelatihan mental,  pertahanan diri dan kesehatan. Selain itu, bela diri Polri ini juga mengajarkan berbagai hal positif bagi siapa saja yang mengikutinya.

Oleh karena itu kata Maman lagi, hingga kini anggota Dalmas Samapta Polda Sumbar masih rutin latihan beladiri ini. Ia pun mencontohkan kegiatan latihan beladiri Anggota Dalmas Bintara Remaja Angkatan 5054, yang dilaksanakan pada hari Kamis sore 25 Julii 2024, di halaman depan Mako Polda Sumbar.

Kegiatan latihan beladiri ini dipimpin langsung oleh Kompol Maman Rosadi bersama Kompol Boy Agustianto SH.MH selaku Instruktur. Brigadir Ilham Jasebti, Danton 3B Bripda Hamiko, Bripda Jefry Febriandi yang semuanya merupakan instruktur di ikuti oleh 165 Bintara Remaja Angkatan 5054.

“Saat itu kami hanya latihan ringan saja, seperti melaksanakan pemanasan peregangan dan penguatan serta melaksanakan latihan dasar beladiri Polri. Adapun tujuannya untuk meningkatkan dan memelihara kemampuan anggota Dalmas, dalam hal beladiri serta meningkatkan kepercaraan diri anggota dalam nenghadapi tantangan di lapangan,” ujar Maman Rosadi. (Fiman Sikumbang)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments