Kapolres Pasaman Barat Tegaskan Netralitas dan Integritas Personel Dalam Pengamanan Pilkada 2024

iklan adsense

Kapolres Pasaman Barat Tegaskan Netralitas dan Integritas Personel Dalam Pengamanan Pilkada 2024

Pasaman Barat, Pionir--Kapolres Pasaman Barat, AKBP Agung Tribawanto, S.Ik, kembali menegaskan pentingnya netralitas seluruh anggota Polri dalam pengamanan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) 2024. Dalam arahannya yang disampaikan saat apel pagi di halaman Mapolres setempat, Kamis (3/10/2024).

Apel yang dihadiri oleh seluruh jajaran personel Polres Pasaman Barat ini berfokus pada arahan terkait pelaksanaan pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024, yang kini telah memasuki masa kampanye.

Dalam arahannya, AKBP Agung menekankan pentingnya menjaga netralitas seluruh personel selama masa kampanye berlangsung. Menurutnya, netralitas merupakan salah satu kunci keberhasilan pengamanan Pilkada yang bersih, berintegritas dan bermartabat. 

"Tidak ada ruang bagi pelanggaran atau ketidaknetralan. Setiap anggota harus memastikan bahwa mereka berdiri ditengah, tidak berpihak, dan tetap fokus pada tugas utama, yakni menjaga keamanan dan ketertiban diwilayah hukum Polres Pasaman Barat," kata AKBP Agung.

Jika kedapatan dan bukti-buktinya jelas serta lengkap, maka pihaknya tidak akan segan menindak oknum personel tersebut sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku, mulai dari peringatan/teguran, hingga sanksi terberat berupa pemberhentian tidak dengan hormat.

"Sebagai aparat penegak hukum, kita harus tetap netral. Jangan sampai ada anggota yang terlibat politik praktis atau berpihak pada salah satu pasangan calon. Ini adalah tanggung jawab besar kita untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap Polri," ujar Kapolres.

Dalam kesempatan itu, Kapolres juga menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya hingga selesai Pemilukada serentak, yang akan memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat serta Bupati dan Wakil Bupati Pasaman Barat.

Kapolres juga menyampaikan harapannya agar seluruh anggota Polri tidak hanya menjaga netralitas, tetapi juga berperan aktif dalam menciptakan suasana yang kondusif. Dengan profesionalisme dan integritas tinggi, Polres Pasaman Barat berkomitmen untuk mendukung pelaksanaan Pemilukada yang sejuk, damai dan adil.

Ia juga mengimbau jajarannya agar selalu menjaga penampilan dan sikap saat berinteraksi dengan masyarakat, kemudian memberikan edukasi kepada warga tentang pentingnya menjaga kerukunan serta tidak terpancing isu-isu dan polarisasi yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan.

Selain itu, Kapolres juga mengingatkan seluruh anggota untuk selalu menjaga kesehatan dan kondisi tubuh agar tetap prima selama bertugas. "Jangan lupa menjaga kesehatan. Tugas ini panjang, kita akan terus berhadapan dengan berbagai situasi dilapangan, mulai dari pengawalan kegiatan kampanye hingga menjaga situasi kondusif di tengah masyarakat," ujar Kapolres mengakhiri. (HumasResPasbar)

iklan adsense

Post a Comment

0 Comments